Show me!

Monday, March 19, 2012

Resume Perspektif anak berbakat pertemuan ke 4


Pengertian Bakat, Kemampuan, Prestasi dan Kecerdasan
·         Bakat (Aptitude)
Kemampuan bawaan atau khusus (spesifik)  yang dibawa sejak lahir , sebagai potensi yang masih perlu dikembangkan dan dilatih agar dapat terwujud.
·         Kemampuan ( Abiity)
Daya untuk melakukan tindakan sebagai hasil dari pembawaan dan latihan
Kemampuan menunjukan suatu tindakan (performance) dapat dilakukan sekarang, sedangkan bakat memerlukanlatihan dan pendidikan agar bakat  tersebut dapat dimanifestasikan di masayang akan datang.
Prestasi
·         Perwujudan dari bakat dan kemampuan
Prestasi yang menonjol dalam salah satu bidang mencerminkan bakat yang menonjol dalam bidang tersebut
·         Jadi bakat dan kemampuan menentukan prestasi seseorang

Kecerdasan atau Intelegency
Menurut Weschler : Kumpulan atau keselururhan kapasitas seseorang untuk bertindak secara sengaja , beerfikir secara rasional dan bertindak secara efektif  terhadap lingkungan

Jadi Intelegency suatu kemampuan mental yang dibawa oleh individu sejak lahir dan dapat digunakan untuk menysuaikan diri di dalam lingkungan yang baru ,m serta untuk memecahkan problem-problem yang dihadapi dengan cepat dan tepat.

Hubungan Intelegency dengan bakat
Adalah positif apabila seseorang memilii IQ yang tinggi danmemiliki bakat dalam bidang tertentu maka dengan IQ tinggi tersebut ia akan dapat mencapai hasil lebih tinggi pula secara kuantitas dan kualitas

Pendapat ahli mengenai anak Genius
H.J Baker dalam bukunya Introduction to Exceptional Children
Anak genius dengan IQ 170-200 memiliki kecerdasan luar biasa tetapi kepribadian nya belum tentu terintregasi dengan baik.
Bahkan kadang merugikan ,hidupnya mengalami kegagalan ,karena kurang mendapat pengarahan dan pelayanan yang sesuai dengan kecerdasannya

Dengan data itu justru anak genius justru lebih sering mengalami kesulitan dalam hidupnya karena perkembangan pribadinya tidak seimbang.

No comments:

Post a Comment

Followers