Show me!

Monday, March 19, 2012

Resume Perspektif Anak berbakat


Nama    : Sri Hildayati
No Reg : 1335116028


A.   Definisi Anak Berbakat
Menurut Joseph Renzully
      Keberbakatan hakikatnya satu interaksi yang terdiri dari  tiga kelompok ciri-ciri yang menyatu ikatan terdiri dari :
1.      Kemampuan umum  dengan tingkatannya diatas rata-rata
2.      Komitmen yang tinggi terhadap tugas-tugas
3.      Kreativitas yang tinggi
Menurut USOE (United States Office of Education)
     anak-anak yang dapat membuktikan kemampuan berprestasinya yang tinggi dalam bidang-bidang seperti intelektual, kreatif, artistik, kapasitas kepemimpinan atau akademik spesifik, dan mereka yang membutuhkan pelayanan atau aktivitas yang tidak sama dengan yang disediakan di sekolah sehubungan dengan penemuan kemampuan-kemampuannya.
Menurut Terman
è Anak berbakat IQ diatas 140,dia hanya melihat dari satu dimensi saja tidak melihat lagi dari kreativitas hanya satu dimensi IQ saja.

Menurut Utami Munandar
è Memiliki potensi tertentu
Anak berbakat umumnya memiliki IQ diatas rata-rata minimal 130

Tes Kreativitas
Adalah tes untuk menguji sejauh mana kreativitas seseorang
Menurut Seminar Nasional Pengembangan PLB (15-17 Sep 1980) AB Adalah : mereka yang oleh orang-orang profesional diidentifikasi sebaagai anak yang mampu mencapai prestasi yang tinggi karena mempunyai kemampuan yang unggul anak tsb memerlukan program pendidikan yang berdiferensiasi dan atau pelayanan di luarr jangkauan program sekolah biasa agar dapat mereliasisasikan sumbangan mereka terhadap masyarakat maupun pengembangan diri sendiri

B.   Perlunya Pelayanan Pendidikan Khusus bagi Anak Berbakat
·         Anak Berbakat dapat dirangsang oleh lingkungan untuk kemampuan bawaan dan prosesnya
·         Pendidikan sekolah hendaknya dapat memberikan kesempatan pendidikan yang sama kepada semua anak untuk mengembangkan potensinya
·         Jika Anak berbakat dihambat dalam perkembangannya mungkin mereka akan menjadi Underachiever ( Berprestasi yang rendah)
Gagasan anak & remaja berbakat berbeda-beda dari teman-temannya sehingga merasa beda atau terisolir dan kadangkala akan membuat sesuatu hal yang underachiever atau melakukan hal-hal yang biasa dilakukan teman-teman sebayanya untuk membuktikan bahwa dia juga seorang anak/remaja yang bisa melakukan hal-hal yang biasa dilakukan teman-teman seusianya.

Ex : Seorang anak berbakat menyengajakan dirinya untuk mendapatkan nilai yang jelek dalam suatu pelajaran tertentu di sekolahnya karena rata-rata temannya mempunyai nilai yang seperti itu. Dia melakukan hal itu supaya tidak kelihatan berbeda dari teman-temannya.
Atau seorang anak berbakat yang menjadi pemalas karena timbul rasa yang tidak menyenangkan atau tidak adnya motivasi dalam diri anak tersebut untuk belajar karena tidak merasa adanya tantangan dan kompetisi dalam pelajaran tersebut.
Beberapa penelitian lebih dari separuh anak berbakat hampir underachiever bahkan berprestasi jauh dibawah kemampuan yang dia miliki,karena pelayanan yang tidak sesuai. Jika dilayani sesuai , mereka akan berkembang dengan baik dan dapat memberikan sumbangan yang bermakna kepada masyarkat.
·      Kebutuhan Anak berbakat dipertimbangkan dan program untuk memenuhi kebutuhan pendidikan mereka sejak awal maka Anak berbakat akan menunjukkan peningkatan yang nyata dalam prestasi sehingga tumbuh rasa kompetensi dan rasa harga diri
·      Dengan diadakannya program khusus Anak berbakat belajar untuk bekerja lebih efisien , mengembangkan keterampilan memecahkan masalah dengan baik, mampu melihat solusi dari berbagia sudut dengan pandangannya yang baik, sehingga dapat menggunakan latar belakang nya untuk belajar tanpa batas.
Perlunya penyesuaian kurikulum untuk anak tersebut dan gurunya pun harus bisa menyesuaikan keadaan dengan anak tersebut.


C. Penggunaan Istilah Anak Berbakat

·         IQ àKlasifikasi menurut ranking :

Rentang IQ :
·         110 – 125 à Superior
·         125 – 140 à Gifted
·         140 – 200 à Genius
·      Supernormal à yang memiliki IQ antara 110 – 200
                             Sebutan bagi anak yang tergolong memiliki kecerdasan yang tinggi

IQ menurut William Stern
     àIndeks derajat intelegency seseorang

IQ menurut Jame Page
            àukuran kecerdasan seseorang yang diperoleh dibagi umur mental (MA) / umur kronologis individu (CA)
            IQ menunjukan kecerdasan pada rata-rata tingkat umurnya

D.Gifted and Talentad

Gifted                   à Ditandai dengan akademik yang tinggi atau intelektual yang tinggi
Talentad   à Anak yang menonjolkan kecakapan khusus pada bidang tertentu antara                               anak yang satu dengan lainnya.

1.      Gifted
Kemampuan berfikir dengan ditandai IQ yang tinggi (140) dan adanya kecakapan khusus yang menonjol pada satu bidang tertentu, bidang ini tergantung pada bakat bawaan masing-masing anak ( Intelektual/akademik)
2.      Talentad
Hanya kemahiran yang menguasai pada satu bidang khusus saja ( musik, mengarang, drama,melukis,komposer, kepemimpinan sosial dll) atau hal hal mengenai non akademik.


No comments:

Post a Comment

Followers