Nama : Sri
Hildayati
No Reg : 1335116028
A.
Definisi Anak
Berbakat
Menurut Joseph Renzully
Keberbakatan hakikatnya satu interaksi yang
terdiri dari tiga kelompok ciri-ciri yang menyatu ikatan terdiri dari :
1. Kemampuan umum dengan tingkatannya diatas rata-rata
2. Komitmen yang tinggi terhadap
tugas-tugas
3. Kreativitas yang tinggi
Menurut USOE (United States Office of
Education)
anak-anak yang dapat membuktikan kemampuan
berprestasinya yang tinggi dalam bidang-bidang seperti intelektual, kreatif, artistik, kapasitas kepemimpinan atau akademik
spesifik, dan mereka yang membutuhkan pelayanan atau aktivitas yang tidak sama dengan yang disediakan di sekolah
sehubungan dengan penemuan kemampuan-kemampuannya.
Menurut Terman
è Anak
berbakat IQ diatas 140,dia hanya melihat dari satu dimensi saja tidak melihat
lagi dari kreativitas hanya satu dimensi IQ saja.
Menurut Utami Munandar
è Memiliki
potensi tertentu
Anak berbakat umumnya memiliki IQ diatas
rata-rata minimal 130
Tes Kreativitas
Adalah tes untuk menguji sejauh mana
kreativitas seseorang
Menurut Seminar Nasional Pengembangan PLB
(15-17 Sep 1980) AB Adalah : mereka yang oleh orang-orang profesional
diidentifikasi sebaagai anak yang mampu mencapai prestasi yang tinggi karena
mempunyai kemampuan yang unggul anak tsb memerlukan program pendidikan yang
berdiferensiasi dan atau pelayanan di luarr jangkauan program sekolah biasa
agar dapat mereliasisasikan sumbangan mereka terhadap masyarakat maupun
pengembangan diri sendiri
B. Perlunya Pelayanan Pendidikan Khusus bagi
Anak Berbakat
·
Anak Berbakat dapat dirangsang oleh
lingkungan untuk kemampuan bawaan dan prosesnya
·
Pendidikan sekolah hendaknya dapat
memberikan kesempatan pendidikan yang sama kepada semua anak untuk
mengembangkan potensinya
·
Jika Anak berbakat dihambat dalam perkembangannya
mungkin mereka akan menjadi Underachiever
( Berprestasi yang rendah)
Gagasan
anak & remaja berbakat berbeda-beda dari teman-temannya sehingga merasa
beda atau terisolir dan kadangkala akan membuat sesuatu hal yang underachiever
atau melakukan hal-hal yang biasa dilakukan teman-teman sebayanya untuk
membuktikan bahwa dia juga seorang anak/remaja yang bisa melakukan hal-hal yang
biasa dilakukan teman-teman seusianya.
Ex : Seorang
anak berbakat menyengajakan dirinya untuk mendapatkan nilai yang jelek dalam
suatu pelajaran tertentu di sekolahnya karena rata-rata temannya mempunyai
nilai yang seperti itu. Dia melakukan hal itu supaya tidak kelihatan berbeda
dari teman-temannya.
Atau
seorang anak berbakat yang menjadi pemalas karena timbul rasa yang tidak
menyenangkan atau tidak adnya motivasi dalam diri anak tersebut untuk belajar
karena tidak merasa adanya tantangan dan kompetisi dalam pelajaran tersebut.
Beberapa
penelitian lebih dari separuh anak berbakat hampir underachiever bahkan
berprestasi jauh dibawah kemampuan yang dia miliki,karena pelayanan yang tidak
sesuai. Jika dilayani sesuai , mereka akan berkembang dengan baik dan dapat
memberikan sumbangan yang bermakna kepada masyarkat.
· Kebutuhan
Anak berbakat dipertimbangkan dan program untuk memenuhi kebutuhan pendidikan mereka
sejak awal maka Anak berbakat akan menunjukkan peningkatan yang nyata dalam
prestasi sehingga tumbuh rasa kompetensi dan rasa harga diri
· Dengan
diadakannya program khusus Anak berbakat belajar untuk bekerja lebih efisien ,
mengembangkan keterampilan memecahkan masalah dengan baik, mampu melihat solusi
dari berbagia sudut dengan pandangannya yang baik, sehingga dapat menggunakan
latar belakang nya untuk belajar tanpa batas.
Perlunya
penyesuaian kurikulum untuk anak tersebut dan gurunya pun harus bisa
menyesuaikan keadaan dengan anak tersebut.
C. Penggunaan Istilah Anak Berbakat
·
IQ àKlasifikasi menurut ranking :
Rentang
IQ :
·
110 – 125 à Superior
·
125 – 140 à Gifted
·
140 – 200 à Genius
· Supernormal
à yang
memiliki IQ antara 110 – 200
Sebutan
bagi anak yang tergolong memiliki kecerdasan yang tinggi
IQ menurut William Stern
àIndeks derajat intelegency seseorang
IQ menurut Jame Page
àukuran kecerdasan seseorang yang diperoleh
dibagi umur mental (MA) / umur kronologis individu (CA)
IQ
menunjukan kecerdasan pada rata-rata tingkat umurnya
D.Gifted and Talentad
Gifted à Ditandai dengan
akademik yang tinggi atau intelektual yang tinggi
Talentad à Anak yang
menonjolkan kecakapan khusus pada bidang tertentu antara anak yang satu dengan lainnya.
1.
Gifted
Kemampuan
berfikir dengan ditandai IQ yang tinggi (140) dan adanya kecakapan khusus yang
menonjol pada satu bidang tertentu, bidang ini tergantung pada bakat bawaan
masing-masing anak ( Intelektual/akademik)
2.
Talentad
Hanya
kemahiran yang menguasai pada satu bidang khusus saja ( musik, mengarang,
drama,melukis,komposer, kepemimpinan sosial dll) atau hal hal mengenai non
akademik.
No comments:
Post a Comment